Jumat, 23 Agustus 2013

Bunga Papan ;Bisnis Tidak Ada Matinya

by bunganusantara.com

Bisnis apa yang tak ada matinya? Maksudnya bisnis yang terus menurus berlangsung tanpa ada expirenya, tentu banyak jenis bisnis yang tak ada matinya seperti jasa pangkas rambut, bisnis percetakan, studio photo, termasuk bisnis kios bunga papan. Alasannya semua bisnis tersebut berkaitan erat dengan kehidupan manusia, dan selalu dibutuhkan oleh manusia, misalkan selama manusia mau mengabadikan momen penting dalam kehidupannya selama itu pula bisnis studio photo akan dibutuhkan. Jadi bisa disimpulkan sepanjang manusia itu ada, maka sepanjang itu pula bisnis pelayanan kehidupan manusia akan selalu ada.
Prinsip inilah yang digunakan oleh para penjual bunga papan Jakarta, yakni bunga pun akan selalu di cari sepanjang manusia ada. Karena siklus kehidupan manusia khususnya orang jawa selalu identik dengan bunga. Misalnya upacara tragedi manusia jawa berupa kelahiran, khitanan, perkawinan, dan kematian, budaya jawa mengajarkan dalam menyambut kelahiran anak dengan peringatan tujuh bulanan ada ritual mandi bunga, menjelang perkawinan juga ada ritual dimandikan dengan air bunga, bahkan setelah kematian ada tabur bunga di kuburan dengan istilah nyekar.

Sekarang bisnis bunga berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat modern, nyekar berkembang menjadi bunga papan duka cita, acara nikahan bunga papan selamat bahagia, membuka kantor bunga papan ucapan selamat, untuk pemberian orang special ada hand bouqet. Proses pembelian pun dilakukan secara online, bayar via transfer, bunga dianter ke tempat. Bisnis bunga tidak ada matinya, selama manusia ada makan bisnis bunga akan selalu ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar